Budhi Condrowati Minta Pemprov Perbaiki Jalan Di Gunungbatin

Budhi Condrowati/RMOLLampung
Budhi Condrowati/RMOLLampung

Kerusakan jalan menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas, salah satunya kerusakan jalan di exit Tol Gunungbatin, yang diketahui jalan milik Pemerintah Provinsi Lampung.


Jalan tersebut mengalami kerusakan sepanjang 12,6 kilometer sampai ke Dayamurni, Kabupaten Tulangbawang Barat, hancur dan luput dari perhatian pemerintah.

Sebelumnya, ruas jalan ini baru di usulkan pada APBD Perubahan 2020 untuk dilakukan perbaikan dengan nilai mencapai Rp.5,5 Miliar dan harus di refocusing imbas dari penanganan Covid-19 menjadi Rp2,2 Miliar.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Lampung Budhi Condrowati, meminta Pemprov memperhatikan kerusakan jalan yang terjadi agar tidak ada peningkatan angka kecelakaan lalu lintas dan penurunan pendapatan Khususnya perekonomian.

"Iya, karena akses jalan adalah gambaran suatu daerah, maka dari itu exit tol Gunung Batin merupakan salah satu gambaran kemajuan sebuah daerah, jangan sampai masyarakat dari luar Lampung menilai bahwa pemerintah daerah terkesan acuh dengan kerusakan yang terjadi," ucapnya di Ruang Komisi DPRD Lampung, Senin (21/9).

Ia menambahkan, kerusakan jalan ini sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar, apalagi para petani yang akan mendistribusikan hasil tanamannya.

"Akses jalan yang tidak memadai bisa saja menjadi penghambat perekonomian dan sudah selayaknya, di setiap exit pintu tol dibuat menjadi dua jalur untuk memperlancar arus kendaraan keluar/masuk. Saya juga akan memperjuangkan agar anggaran perbaikan dapat di tambah dalam pembahasan APBD 2021 mendatang," tambahnya.

"Poin–poin di atas juga sudah dimasukan dalam pemandangan umum fraksi PDI Perjuangan Provinsi Lampung dalam rapat paripurna yang di gelar jam 2 tadi," demikian Budhi Condrowati.