Buka Penjaringan Bacaleg, PDIP Lampung Ajak Tokoh Lokal Mendaftar

Sekretaris PDIP Lampung Sutono/Faiza
Sekretaris PDIP Lampung Sutono/Faiza

DPD PDIP Lampung masih membuka penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten kota se-Lampung untuk Pemilu 2024 mendatang.


Sekretaris DPD PDIP Lampung, Sutono mengatakan, penjaringan bacaleg sudah dimulai sejak 6 September dan akan ditutup pada 25 September 2022.

“Melalui DPD dan DPC se Lampung kami mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh lain untuk bergabung lewat penjaringan bacaleg DPR baik DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota,” katanya, Senin (12/9).

Sutono melanjutkan, para calon haruslah tokoh organisasi mulai dari organisasi profesi hingga organisasi kemasyarakatan. Soal penempatan, nantinya akan ditentukan oleh DPP PDIP. 

"Hak dan kewenangan untuk DPD memang hanya sebatas mengusulkan saja, maka dari itu kita sedang menjaring calon-calon yang potensial yang nantinya akan diusulkan ke Jakarta,” lanjutnya.

Selain itu, Sutono mengklaim tidak perlu mahar politik untuk mendaftar. Para calon hanya perlu menyiapkan curriculum vitae dan persyaratan administrasi lainnya.

"PDIP juga memperhatikan perwakilan bakal calon perempuan minimum 30 persen," tegasnya.