Bupati Dawam Tasyakuran Perpres Pendanaan Pesantren Sudah Diteken Presiden

Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo/Ist
Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo/Ist

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.


Sebagai bentuk rasa syukur, Bupati Lampung Timur (Lamtim), Dawam Rahardjo, melaksanakan tasyakuran secara sederhana di kediaman Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Timur, Rabu (15/9).

"Program tersebut hasil dari inisiator Pak Muhaimin Iskandar selaku ketua umum DPP PKB, sementara saya sebagai ketua PKB Lampung Timur tentu merasa bersyukur, atas disahkan Perpres tersebut," kata Dawam.

Perpres tersebut ,Kata Dawan mengatur, mengenai dana abadi pesantren yang sejak lama dinantikan kalangan pesantren.

"Dana abadi pesantren merupakan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, tepatnya di Pasal 49 ayat 1 dan 2," jelasnya 

Ia berharap, kedepan anak-anak santri atau pesantren di Lampung Timur merasakan manfaat yang positif atas program dana abadi pesantren tersebut, sebagai Bupati sekaligus ketua DPC PKB tentu akan mengawal program tersebut dengan tujuan agar bisa berjalan amanah dan bermanfaat.

Acara sukuran ini diselenggarakan secara sederhana itu hanya dilakukan oleh beberapa pengurus PKB dan pengurus NU Lampung Timur, yakni hanya membuat sebuah nasi tumpeng , hanya sebagai filosofi bentuk kemakmuran.

"Tumpeng itu gambaran kemakmuran, artinya harapan kami baik masyarakat umum dan santri yang ada di Lampung Timur bisa sejahtera," pungkasnya.