Bupati Dendi Fokus Pembangunan SDM Pelaku IKM di Pesawaran

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan pada Lagawi Festival Bangga Buatan Indonesi (BBI)/ Rama
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan pada Lagawi Festival Bangga Buatan Indonesi (BBI)/ Rama

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mulai fokus melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kreativitas para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di kabupaten setempat.


Hal itu dikatakan Dendi saat menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara Lagawi Festival Bangga Buatan Indonesi (BBI) di Pulau Tegal Mas Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. 

"Kegiatan pada hari ini tentunya sangat baik, karena memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian, khususnya dalam bidang IKM setelah perekonomian kita sempat terganggu akibat pandemi Covid-19 yang melanda," kata Dendi, Kamis (23/6).

Menurutnya, potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama itu cukup besar dan hal itu perlu dukungan kualitas SDM yang baik.

"Ke depan saya fokus pembangunan kualitas SDM, sebab kita punya sumber daya alam yang bagus, kemudian kita juga memiliki kerajinan tangan seperti tapis, namun kalau tidak didukung SDM yang baik akan sia-sia," ujarnya.

Kemudian, lanjut Dendi, saat ini Pemkab Pesawaran tengah melakukan pelatihan Maestro Class untuk para pelaku UMKM, sehingga mereka bisa menjajaki kerajinan tangannya melalui digital.

"Di tengah kemajuan digital saat ini, perlu adanya pelatihan yang harus kita berikan kepada para pelaku UMKM kita, sehingga mereka dapat menjual hasil tangannya melalui digital, karena kita ketahui pasar digital saat ini sangat tinggi peminatnya dan barangnya pun bisa dikenal oleh seluruh masyarakat yang ada di Lampung maupun luar daerah," kata dia.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, berkat kerja keras semua pihak mulai dari Pemprov sampai Pemkab serta para pelaku UMKM yang ada, membuat ekonomi Lampung bangkit pasca pandemi bahkan sampai terbaik se-Sumatera.

"Saat ini, di Provinsi Lampung terdapat 95.401 IKM yang rata-rata di dominasi oleh para pelaku IKM yang bergerak dalam bidang makanan, hal itu didukung dengan Provinsi Lampung yang memiliki produksi padi yang luar biasa. Tahun ini saja di Lampung pertumbuhan IKM mencapai 47 persen dan telah memberi kontribusi sebanyak 19,5 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)," kata Arinal.

Ia juga meminta kepada pihak perbankan, agar mendukung pengembangan UMKM yang ada di Lampung. 

"UMKM tidak berkembang dengan baik, jika tidak didukung oleh pihak perbankan, maka dari itu pada kesempatan ini saya meminta agar pihak perbankan membantu dalam hal pengembangan UMKM," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pihaknya akan siap mendukung guna mengembangkan UMKM baik dilampung maupun diseluruh Indonesia. 

"Kita memiliki 46 kantor perwakilan di seluruh Indonesia yang siap mendukung UMKM, melihat pertumbuhan perekonomian di Provisni Lampung pada tahun 2021 naik hingga 2,79 persen, hal ini tentunya tidak terlepas dari partisipasi para pelaku UMKM, dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah pusat dan daerah," kata Perry.

Diketahui, pada acara Lagawi Festival Bangga Buatan Indonesi (BBI) dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan.