Bupati Nanang Ajak Pemuda Hindu Sinergi Menjaga Kelestarian Budaya

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima audiensi pengurus DPK Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Lampung Selatan di ruang kerjanya, Senin (6/6).


Audiensi tersebut dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan kepengurusan dan penyampaian program kerja DPK Peradah Indonesia Lampung Selatan terhadap program pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengajak Peradah Lampung Selatan, untuk bersinergi dalam meningkatkan kelestarian nilai-nilai budaya yang terdapat di agama hindu, serta mendukung peningkatan perekonomian daerah.

Dirinya juga meminta agar Peradah bisa membuat program-program kerja yang baik dan menarik, baik dari sisi keagamaan maupun tradisi budaya, sehingga hal tersebut bisa menjadi daya tarik masyarakat luar daerah untuk berkunjung ke Lampung Selatan.

“Jangan sampai budaya kita diambil oleh orang lain karena pemudanya tidak perduli. Kita ada Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS), bagaimana Peradah punya kolaborasi mengenai kesenian budaya umat Hindu, melestarikan budaya, nanti berkolaborasi juga dengan masyarakat setempat, bukan hanya dari sisi keagamaan tapi juga budaya sehingga ini bisa menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Nanang juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas keberadaan Peradah, sebagai salah satu organisasi yang menyatukan umat beragama di Lampung Selatan.

Dirinya juga berpesan agar Peradah bisa menjadi wadah untuk menyatukan umat beragama di Lampung Selatan. Bukan hanya agama hindu, tetapi juga seluruh agama yang ada di bumi khagom mufakat.

“Suatu umat tujuannya sama, gak ada agama itu yabg tidak menyembah sang maha kuasa. Kita berstujur punya pondasi yang kuat yaitu pancasila. Kami apresiasi dan terimamasih, Peradah telah terbentuk dan menyatukan umat di indonesia,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPK Peradah Indonesia Wayan Rasta menyampaikan apresiasi atas kinerja Bupati Nanang Ermanto dalam memimpin daerah. Yang mana, saat ini seluruh umat beragama di Lampung Selatan dapat tetap aman dan kondusif.

“Kami mengapresiasi kepemimpinan pak Bupati, saat ini tidak ada lagi konflik-konflik, kami saling jaga, artinya kita satu kestuanlah jangan sampai hal seperti itu terjadi lagi,” katanya.