Capaian Vaksinasi Pesisir Barat Terendah se-Lampung

Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay/ Vera Afrianti
Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay/ Vera Afrianti

Kabupaten Pesisir Barat memiliki capaian vaksinasi terendah se-Lampung atau sekitar 11,86 persen untuk vaksin dosis pertama.


Hal tersebut berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dipantau Kantor Berita RMOLLampung melalui website https://vaksin.kemkes.go.id/#/detail_data pada Selasa (12/10).

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay meminta agar pemerintah provinsi (Pemprov) setempat melakukan pemerataan vaksinasi agar pencapaian vaksinasi mencapai target.

"Ya kita dorong ke pemerintah lakukan pemerataan, terutama dinas kesehatan dan satgas Covid-19 di masing-masing kabupaten/kota," kata dia.

"Kalau sampai distribusi atau pelaksanaan vaksin di kabupaten/kota tersebut masih dalam kondisi seperti itu kita harus paham juga faktornya apa," katanya.

Sebab, provinsi itu hanya memfasilitasi, serta melakukan komunikasi jika terjadi kekurangan vaksin dan tenaga kesehatan di kabupaten/kota lalu dikoordinasikan ke pemerintah pusat.

"Nakesnya kalau Kabupaten/Kota terbataskan bisa koordinasi dengan provinsi dan kalau dosis vaksin ada langsung di distribusikan ke daerah masing-masing, " ujarnya.

Anggota Komisi V DPRD Lampung Deni Ribowo mengatakan, berdasarkan data dari dinas kesehatan untuk total vaksin yang sudah diterima Provinsi Lampung itu sebanyak 4.133.210 dosis.

"Kalau persentase vaksin yang diterima ini persentasenya cukup signifikan naiknya sekarang kita sudah 28,27 persen, artinya sudah ada peningkatan dalam beberapa hari ini karena kemarin baru 23 persen," jelasnya.

"Mudah-mudahan di 2022 sudah tuntas target sasaran vaksinasi kita, sehingga kita masyarakat ini semakin terlindungi apabila ada varian baru yang akan masuk ke provinsi Lampung," tutupnya.