Cegah Meluasnya Covid, PAEI Tekankan Pentingnya Peningkatan Deteksi Dini

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Provinsi Lampung Ismen Mukhtar mengatakan seseorang terinfeksi virus covid 19 hanya bisa diketahui melalui testing atau deteksi dini.


"Iya perlu adanya peningkatan deteksi agar orang yang terinfeksi bisa diketahui sebelum virus itu menyebar luas," katanya, Kamis (9/12).

"Kalau persiapan untuk penanganan memang sangat penting, tetapi mencegah pasti lebih baik sehingga tidak terjadi situasi seperti sebelumnya," ujar Ismen.

Apalagi, mutasi virus Covid-19 yang baru muncul itu (Omricon) disebut lima kali lebih cepat menyebar dan memberikan dampak kesehatan lebih berat dibandingkan virus lainnya.

"Dibandingkan dengan varian yang sudah ada sebelum-sebelumnya varian ini lebih berat. Maka dari itu untuk mencegahnya testing harus ditingkatkan serta perlu didukung dengan tracing kepada kontak erat,"jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, akan melakukan tes Covid-19 secara merata, termasuk tracing dan treatment.

"Kita terus lakukan perluasan tes, tracing dan treatmen. Namun yang terpenting adalah masyarakat jangan lengah dalam menerpakan protokol kesehatan,"ujar Reihana.

"Hal itu dilaksanakan sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 terutama terhadap varian baru omricon yang sudah terdeteksi di beberapa negara," tutup dia.