Ciptakan IT Digital Enablement, bank bjb Gandeng Amazon, DCI dan Alibaba Cloud

Penandatangan kerjasama bank bjb dengan AWS, Alibab dan PT DCI./Dok
Penandatangan kerjasama bank bjb dengan AWS, Alibab dan PT DCI./Dok

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) menyepakati kerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) dan PT DCI Indonesia, Tbk (DCI) dan Alibaba Cloud dalam mendukung IT Digital Enablement dalam upaya modernisasi infrastruktur menuju era digital dengan ISO 20000 dan ISO 27001.


Rilis yang diterima redaksi, Selasa (23/1), menyebutkan, penandatangan kerjasama ini turut dihadiri Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi beserta jajaran, Presiden Direktur DCI Toto Sugiri beserta jajaran, Strategic Account Lead AWS Yos Vicenzo beserta jajaran.

Dijelaskan, bank bjb telah bekerja sama dengan DCI yang merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara untuk menyajikan layanan infrastruktur data center yang handal, aman, terpercaya sesuai dengan standar operasional global.

DCI menjamin SLA 99.999 persen atau waktu downtime maksimal 5 menit dalam setahun. Melalui kerja sama ini, DCI terus berupaya memberikan kualitas data center terbaik guna menunjang pertumbuhan bisnis bank bjb di era transformasi digital.

Adapun kerjasama dengan Amazon Web Service (AWS) dilakukan untuk menawarkan layanan unggulan bank bjb secara gobal. AWS merupakan penyedia platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia yang menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Selain itu, bank bjb juga telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud, penyedia ratusan produk dan layanan teknologi terdepan berstandar internasional, yang juga menyediakan layanan CyberSecurity. Alibaba Cloud Indonesia adalah satu-satunya yang memiliki scrubbing center dan 3 data center di Indonesia.

Dikatakan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang mendukung transformasi digital pihaknya telah menerapkan strategi digital enablement dalam melakukan transformasi. Digital enablement merupakan langkah-langkah untuk mendukung transformasi digital bank bjb dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date.

“Kerja sama tersebut bank bjb dengan AWS, Alibaba dan DCI adalah bukti komitmen bank bjb dalam membangun ekosistem digital yang lebih masif untuk mendukung penerapan Digital Enablement di bank bjb,” ujar Yuddy.

Raih Rekor MURI

Dalam acara tersebut, bank bjb juga berhasil mengukir catatan du Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama di Indonesia yang melakukan sertifikasi ISO 20000 dan ISO 27001 secara bersamaan.

Penyerahan Piagam MURI diterima langsung oleh Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi yang diserahkan oleh Senior Manager MURI Ngadri. Sertifikasi ISO 20000 (Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi) dan ISO 27001 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) ini, menunjukkan komitmen kuat dari bank bjb kepada nasabah untuk memberikan layanan terbaik yang didukung dengan keamanan informasi yang terstandarisasi dalam aspek confidentiality, integrity dan availability di dalam penggunaan layanan digital banking.

Standarisasi ISO 20000 dan ISO 27001 bank bjb saat ini berfokus dalam produk layanan Digital Banking bank bjb yaitu DIGI dan DigiCash by bank bjb. Ke depannya, proses standarisasi ISO 20000 dan ISO 27001 ini akan diterapkan kepada layanan lainnya di bank bjb.