Covid-19 Muncul Lagi di Pesawaran Setelah 3 Bulan Nol Kasus

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona/ Rama
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona/ Rama

Pemkab Pesawaran mencatat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tiga bulan tidak ada penyebaran atau kasus terkonfirmasi virus corona.


Dikatakan, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut tercatat di Kecamatan Gedong Tataan. 

"Setelah tiga bulan lamanya tidak ada penyebaran kasus Covid-19, pada hari ini kita kembali mencatat satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Gedong Tataan," kata Dendi, Rabu (19/1)

Ia mengatakan, telah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk segera mentracing keluarga pasien guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 meluas.

"Setelah dilakukan tracing tidak ditemukannya lagi masyarakat ataupun keluarga pasien yang terkonfirmasi, dan saat ini pasien tengah dilakukan perawatan," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar terus menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat saat beraktifitas di luar rumah.

"Saat ini prokes di tengah masyarakat sudah sedikit kendor, maka dari itu perlunya edukasi kembali kepada masyarakat tentang pentingnya prokes serta vaksin bagi masyarakat yang belum di suntik vaksin, agar herd immunity di masyarakat dapat segera terbentuk," timpalnya.

Sementara, Kadinkes Pesawaran Media Apriliana mengatakan, saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 harus dilakukan isolasi di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan yang ada.

"Kalau yang baru terkonfirmasi ini bukan varian baru omicron, dan saat ini pasien tengah dilakukan perawatan di RSUD Pesawaran untuk isolasi, karena saat ini pasien terkonfirmasi positif dilarang melakukan isolasi mandiri lagi," pungkasnya.