Damar Dukung Polda Tahan Kades Rawa Selapan atas Tindak Kekerasan Seksual

Damar Dukung Polda Tahan Kades Rawa Selapan atas Tindak Kekerasan Seksual/ Tuti
Damar Dukung Polda Tahan Kades Rawa Selapan atas Tindak Kekerasan Seksual/ Tuti

Lembaga Advokasi Perempuan Damar Lampung mendesak Polda Lampung untuk segera melakukan upaya paksa penahanan terhadap tersangka Bagus Adi Pamungkas atas tindak pidana kasus pencabulan terhadap perempuan berinisial RF. 


Direktur Damar, Ana Yunita Pratiwi mengatakan tersangka merupakan Kepala Desa Rawa Selapan, Lampung Selatan yang dikhawatirkan melaksanakan intimidasi terhadap korban dan saksi korban, sehingga Polda Lampung diharapkan segera menahannya. 

"Pelaku dan korban inikan satu wilayah, nah yang kita khawatir kalau tidak ditahan ada intimidasi. Pasca memberikan keterangan di kepolisian, saksi mengalami intimidasi dari tersangka melalui telpon. Ada juga yang mau hantam fisik, tapi tidak ditanggapin oleh saksi sehingga tidak terjadi baku hantam," kata Ana, Senin (10/1). 

Menurutnya, pada 6 Januari lalu, penyidik melalui surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan nomor : SP2HP/08/1/Res.1 24/2022/DITKRIMUM bahwa penyidik telah mengirimkan berkas perkara ke Kejaksaan Tinggi Lampung. Tersangka telah melanggar ketentuan dua pasal dalam KUHP, yakni pasal 289 KUHP dan pasal 294 ayat 2 KUHP. 

"Dimana tersangka diancam pidana penjara paling lama sembilan tahun," ujarnya.

Sementara itu, ayah korban mengaku kecewa atas kasus yang menimpa anaknya. Ia berharap tersangka mendapat hukuman seadil-adilnya. 

"Semoga proses persidangan dapat segera dilakukan agar tersangka mendapatkan hukuman seadil-adilnya," jelasnya.