DDS Bandar Lampung Gelar Donor Darah untuk Thalasemia 

DDS Bandar Lampung Gelar Donor Darah untuk Thalasemia/Ist
DDS Bandar Lampung Gelar Donor Darah untuk Thalasemia/Ist

Donor Darah Sukarela (DDS) Kota Bandar Lampung mengadakan donor darah untuk penyandang Thalasemia di Aula Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Minggu (12/12).


Difasilitasi Unit Transfusi Darah RSUDAM, kegiatan yang dilakukan DDS Bandar Lampung bekerjasama dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung (KAMMI UIN RIL) berhasil mendapatkan 77 kantong darah. 

"Alhamdulillah DDS Bandar Lampung mencatat ada 99 pendonor, 76 pendonor berhasil dan 23 yang belum berhasil," kata Ketua Umum DDSBL Bapak Arifin Indrajaya. 

Ia melanjutkan, kegiatan dengan tema "Setetes Darah Sejuta Harapan" ini memiliki arti yang sangat penting terutama bagi para penyandang thalasemia. 

Saat ini, kata dia, ada 180 penyandang thalasemia di Bandar Lampung berdasarkan data Persatuan Penyandang Thalasemia Indonesia (PPTI). Di mana tiap bulannya satu orang anak membutuhkan dua kantong darah.

"Berarti anak anak Thalasemia membutuhkan lebih dari 360 kantong darah tiap bulannya. Ayo kita bantu mereka dengan mendonorkan darah kita secara rutin dua bulan sekali," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala UTD RSUDAM Dr. Syuhada mengapresiasi antusias masyarakat untuk ikut mendonorkan darahnya. 

Beberapa yang tidak dapat mendonorkan darahnya antara lain dikarenakan belum waktunya donor, HB rendah atau tinggi, masih dalam masa vaksinasi covid 19, dan lainnya. 

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini, dan berharap kegiatan ini terus berlanjut dan kami UTD RSUDAM siap mensupport kegiatan sosial donor darah," pungkasnya.