Desa Taman Endah Lampung Timur Raih Penghargaan HWPA 2021

Desa Taman Endah Lampung Timur Raih Penghargaan HWPA 2021/ Repro
Desa Taman Endah Lampung Timur Raih Penghargaan HWPA 2021/ Repro

Desa Taman Endah, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur meraih penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) 2021 oleh Kementerian Luar Negeri dalam Kategori Pemerintah Daerah.


Penganugerahan HWPA yang berlangsung secara daring pada Jumat (17/12) malam, merupakan wujud apresiasi menteri luar negeri kepada seluruh pegiat isu pelindungan WNI di luar negeri dari berbagai kalangan dan telah dilakukan sejak 2015. 

Purna Korea Selatan melalui Desa Taman Endah aktif melakukan kegiatan Komunitas Keluarga Pekerja Migran Indonesia (KKPMI) di desa. Upaya pelindungan pekerjaan migrasi Indonesia (PMI) dilakukan dengan cara penyebarluasan informasi, melakukan pendampingan, advokasi PMI dan keluarganya, serta pembinaan wirausaha. 

Desa Taman Endah juga telah memiliki Koperasi PMI Purna ‘Maju Lestari’ yang bergerak dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan. Koperasi tersebut berdiri sejak 2017 dan merupakan Koperasi PMI Purna pertama di luar Pulau Jawa.

Kepala UPT BP2MI Bandar Lampung, Ahmad Salabi mengatakan keberhasilan Desa Taman Endah merupakan kebanggaan bagi masyarakat Provinsi Lampung. Ia akan terus berupaya mendorong pelindungan PMI baik pada tingkat provinsi hingga desa. 

"Semoga ini bisa menginspirasi bagi pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam upaya pelindungan PMI untuk terus menerapkan praktik baik dalam hal tata kelola migrasi," ujarnya. 

Diketahui, penerima HWPA adalah individu atau institusi yang telah berkontribusi penting, memiliki dedikasi penuh, menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan dalam pelindungan bagi WNI di luar negeri berdasarkan kriteria kemampuan, keahlian, akses, dan jejaring kerja yang telah dicurahkan dalam pelindungan WNI. Peran aktif dalam upaya pelindungan WNI di luar negeri. Upaya meningkatkan kesadaran publik terhadap isu pelindungan WNI dan sistem/kebijakan/program/inovasi yang telah dibuat di bidang pelindungan WNI. 

Penganugerahan HWPA terdiri dari 8 kategori, yaitu Pejabat dan Staf Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI, Kepala Perwakilan RI, Mitra Kerja Kementerian Luar Negeri, Mitra Kerja Perwakilan RI, Pemerintah Daerah, Media (Media Massa dan Media Sosial), Masyarakat Madani; dan Pelayanan Publik di Perwakilan RI.