Di HUT JMSI ke-2, Teguh Santosa: Ruang Publik Harus Diisi Jurnalistik Profesional dan Beretika

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa yang hadir secara virtual dari Bursa, Turki/Repro
Ketua Umum JMSI Teguh Santosa yang hadir secara virtual dari Bursa, Turki/Repro

Tepat tanggal 8 Februari 2022, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) genap berusia dua tahun.


Organisasi perusahaan pers ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) keduanya dalam rangkaian perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa mengatakan, JMSI yang dideklarasikan saat perayaan HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

Kita sudah berusia dua tahun, alhamdulillah kita juga telah dinyatakan sebagai Konstituen Dewan Pers," ujar Teguh Santosa yang hadir virtual dari Bursa, Turki, Selasa (8/2).

CEO RMOL Network ini menggaris bawahi, JMSI yang sudah berstatus konstituen Dewan Pers memiliki tugas dan tanggung jawab menciptakan iklim pers yang profesional, sehat dan berkualitas.

"Kita mesti bekerja bersama-sama, membantu anggota kita pemilik dan pengelola media siber di seluruh Indonesia, agar mereka memiliki kapasitas yang baik dalam menjalankan perusahaannya," katanya.

Tak hanya itu, Teguh Santosa mengungkapkan bahwa tugas JMSI juga erat kaitannya dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja di dalam perusahaan yang menjadi anggota.

"Agar kawan-kawan wartawan yang bekerja di perusahaan yang menjadi anggota JMSI juga memiliki kecakapan kompetensi yang memadai," imbuhnya.

Untuk itu, Teguh Santosa yang juga sebagai pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengajak anggota JMSI untuk meningkatkan kualitas pers utamanya media siber.

Sehingga ruang publik Indonesia diisi jurnalistik yang profesional dan sesuai kaidah-kaidah dan etika pers," ucapnya.

"Dari Bursa, Turki, saya ucapkan untuk kita semua selamat ulang tahun yang kedua bagi JMSI, selamat Hari Pers Nasional 2022," tutupnya.

Dalam perayaan HUT ke-2 JMSI ini turut hadir dan memberikan pidato pembuka Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Selain itu, akan menjadi pembicara inti yaitu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Tokoh lain yang juga akan mengisi acara ialah Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Pusat Anggawira, Ketua Komite Tetap energi Terbarukan dan Gerakan Netzero Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Muhammad Yusrizki, dan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Adapun untuk tokoh lokal di wilayah Sultra yang akan mengisi antara lain Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Bupati Buton La Bakry, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Ketua BPC HIPMI Kab. Konawe Selatan Dirga Mubarak, Ketua Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Rusmin Abdul Gani, dan Tokoh Masyarakat Sultra Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka.

Acara HUT ke-2 JMSI yang mengangkat tema "Mengarusutamakan Media Siber sebagai Pengawal Agenda Strategis Nasional, dari Anti-Korupsi hingga Alih-Energi" ini akan berlangsung hingga sore hari ini.