"Diakali" Travel, Kadishub Tindaklanjuti SE Menhub 2021

Kadishub Lampung Bambang Sumbogo/Net
Kadishub Lampung Bambang Sumbogo/Net

Jelang akhir tahun lalu, Kadis Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo perketat prokes untuk atasi pandemi Covid-19. Bagaimana dengan angkutan travel saat ini?


Ternyata, para pengusaha jasa kendaraan travel resmi tetap bisa mengakali Surat Edaran (SE) Menhub No.1 Tahun 2021 agar tetap bisa melenggang  Jakarta-Lampung.

Caranya, mereka ubah separuh jok untuk angkutan barang, sisa lima kursi baru diisi penumpang sesuai aturan. Akibatnya, para penumpang tanpa jarak satu sama lainnya.

Hal itu yang dialami Agus M Hakim, salah seorang pengguna jasa travel dari Kota Bandarlampung menuju Jakarta, Senin (25/1), pukul 21.00 WIB.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo mengatakan akan menindaklanjuti kejadian tersebut ke para perusahaan travel yang ada di daerah ini.

"Saya akan tindaklanjuti ke para perusahaan travel di Lampung, suwun," ujarnya singkat kepada Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (26/1).

Akhir tahun lalu, Bambang Sumbogo menyatakan akan perketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) menjelang libur panjang akhir tahun 2020.

Dikatakannya, pengetatan dilakukan di simpul-simpul transportasi itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Untuk transportasi baik melalui darat, laut, udara selama ini telah menerapkan protokol kesehatan dan nanti akan ditingkatkan kembali," kata Bambang, Rabu (2/12/2020).