Didampingi Gubernur Lampung, Menhub dan Kapolri Tinjau Arus Balik Lebaran di Bakauheni

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menhub Budi Karya didampingi Gubernur Lampung meninjau arus balik lebaran di Bakauheni / Humas Pemprov Lampung
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menhub Budi Karya didampingi Gubernur Lampung meninjau arus balik lebaran di Bakauheni / Humas Pemprov Lampung

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meninjau arus balik Lebaran 2022 di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (7/5).


Sembari mengecek kelancaran arus balik lebaran 2022, mereka juga memberikan bingkisan kepada pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengungkapkan bahwa berdasarkan grafik arus balik 2-3 hari terakhir, terjadi peningkatan arus balik. Bahkan ada kemungkinan malam ini (Sabtu 7/5/2021, red) terus mengalami peningkatan. 

"Tentunya kita tadi melihat bagaimana skema menghadapi puncak arus balik, mulai dari mengatur rest area sebagai tempat untuk menampung manakala terjadi kepadatan di dermaga, bahkan sampai menambah dermaga," ujar Kapolri Jend. Listyo Sigit Prabowo. 

Kapolri berharap dengan rekayasa yang ada menghadapi puncak arus balik di Bakauheni, kepadatan bisa kita hindari. 

Kapolri menerangkan bahwa ada beberapa skema yang menunjukkan hijau, kuning, dan merah. Dan sampai saat ini masih dalam situasi hijau. 

"Tentu kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengatur arus balik," ungkapnya. 

Kepada asosiasi pengusaha dan lainnya, Kapolri memberikan relaksasi seminggu ke depan tanpa harus melakukan tugasnya di tempat. Mereka bisa memanfaatkan bekerja dari rumah, dan memanfaatkan waktu libur anak-anak yang sekolah di Jakarta yang masuk tanggal 12 Mei. 

"Sehingga apabila ini disamakan, maka kepadatan bisa kita urai, masyarakat bisa kembali dengan nyaman. Dan kita Pemerintah dan stakeholder bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik, ujarnya.