Diduga Ada yang Sengaja Buang Sampah di Perairan Pulau Pahawang

Sampah di perairan Pulau Pahawang/ Repro
Sampah di perairan Pulau Pahawang/ Repro

Banyaknya sampah di perairan laut Pulau Pahawang Desa Pahawang Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran dikeluhkan kepala desa setempat.


Menurut Kepala Desa Pahawang, Ahmad Salim, selama dua hari pihaknya bolak-balik ke Pulau Pahawang tidak ada sedikit pun sampah yang tersebar di perairan laut Pulau Pahawang.

"Dari Minggu hingga Senin saya bolak-balik tapi tidak ada sampah. Namun pagi tadi waktu saya ke sana sudah banyak sekali sampah yang tersebar hampir di semua perairan laut Pulau Pahawang," kata Salim, melalui sambungan telepon seluler, Selasa (28/6).

Dikatakannya, diduga ada faktor kesengajaan membuang sampah di perairan laut Pulau Pahawang tersebut.

"Selama dua hari tersebut angin dan gelombang air cukup normal, tapi kenapa tiba-tiba banyak sampah yang tersebar, kalau itu dari daratan yang dibawa ombak sepertinya tidak mungkin. Karena keadaan gelombang normal dan angin pun masih normal," ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki adanya sampah yang tersebar di perairan laut Pulau Pahawang itu.

"Kami juga masih menyelidiki dari mana datangnya sampah-sampah tersebut, karena sampah itu tersebar secara tiba-tiba," timpalnya.

Ia juga menuturkan, pihaknya telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran.

"Kalau memang ini adanya faktor kesengajaan tentu harus adanya tindakan hukum, dan kalau ini memang faktor alam harus ada siasat atau solusi untuk mengatasinya," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Pesawaran menanggapi video viral yang memperlihatkan banyaknya sampah plastik di perairan Teluk Ratai kabupaten setempat.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, pihaknya akan menyelidiki terlebih dahulu terkait sumber sampah tersebut berasal dari mana.

"Ini yang masih kita cari tau sumber sampahnya ini dari mana, apakah keluar dari muara atau kah memang ada unsur kesengajaan orang-orang dari darat yang membuang sampah ke laut," kata Dendi, Senin (20/6).

"Kalau memang ada unsur kesengajaan buang sampah ke laut, tentunya akan kita laporkan ke pihak yang berwajib. Namun kalau ini karena faktor alam tentunya akan kita cari jalan keluar dan solusinya bersama-sama dengan Pemkot dan juga Pemprov, apakah akan kita buatkan filter-filter di setiap muaranya," kata dia.