Dilaporkan Tidak Netral, Kepala Bappeda Siap Jelaskan Di Bawaslu

 Khaidarmansyah/RMOLLampung
Khaidarmansyah/RMOLLampung

Kepala Bappeda Kota Bandarlampung Khaidarmansyah tidak mau berkomentar saat ditanyain persoalan menyebarkan dukungan terhadap pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung nomor urut 3 Eva Dwiana-Deddy Amarullah di grup WhatsApp.


"No comment," kata Khaidarmansyah sambil berjalan usai sidang paripurna di DPRD Kota Bandarlampung, Senin (19/10).

Menurutnya, ia akan menjelaskan persoalan tersebut di Bawaslu. Sementara untuk waktunya, Khaidarmansyah belum tahu kapan karena belum ada kabar panggilan.

"Nanti akan saya jelaskan di Bawaslu. Belum tahu saya, belum ada panggilan," ujarnya.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah mengatakan bahwa ASN harus netral, hal ini diatur  dalam UU 10 /2016  Pasal 71 bahwa Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/POLRI, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Mengacu pada Pasal 71 tersebut, ada unsur pidana  dalam Pasal 188 yang berbunyi setiap pejabat negara, pejabat Aparatur Sipil Negara, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah yang dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 bulan atau paling lama 6 bulan dan/atau denda paling sedikit Rp600.000 atau paling banyak Rp6 juta.