Disbunnak Pastikan PMK Hewan Ternak Belum Sampai Pesawaran

Kepala Disbunnak Pesawaran, Fisky Virdous/ Rama
Kepala Disbunnak Pesawaran, Fisky Virdous/ Rama

Menjelang Hari Raya Kurban 2022, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pesawaran memastikan belum ada hewan ternak di wilayah setempat yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).


Kepala Disbunnak Pesawaran, Fisky Virdous mengatakan pihaknya telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengendalian PMK dan melakukan penantauan rutin ke setiap peternak.

"Sampai saat ini belum ada kasus hewan ternak yang terjangkit PMK, tetapi langkah antisipasi terus kita lakukan termasuk memantau hewan ternak yang nantinya akan disiapkan untuk kurban," kata Fisky, Minggu (26/6).

Data peternak lokal yang tercatat oleh Disbunak Kabupaten Pesawaran Tahun 2021 terdapat ribuan ekor hewan ternak, dengan rincian 23. 082 ekor sapi, 958 ekor kerbau, kambing 54. 079 ekor kambing, dan domba 5. 439 ekor. 

"Kami terus lakukan sosialisasi kepada para peternak untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang ternak, kemudian kami imbau untuk tidak mendatangkan hewan ternak tanpa proses karantina," ujarnya.

Dikatakannya, jika hewan ternak terpaksa didatangkan dari luar daerah harus dilengkapi surat jalan dan surat yang menyatakan hewan tersebut sehat serta terbebas dari berbagai penyakit.

"Kita juga sedang menunggu panduan pemotongan hewan kurban dari Kementerian Pertanian, terkait antisipasi penyebaran PMK di wilayah kita," pungkasnya.