Disdikbud Bandar Lampung Siapkan PTM Penuh pada Februari

PTM di SMPN 2 Bandar Lampung/ Tuti
PTM di SMPN 2 Bandar Lampung/ Tuti

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandar Lampung masih mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh pada Februari mendatang. 


Plh. Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung, Mulyadi mengatakan pihaknya masih mempersiapkan sekolah agar sesuai protokol kesehatan, dan merampungkan vaksinasi bagi peserta didik. 

 "Kalau arahan bu wali akan diterapkan pada Februari, sambil mempersiapkan vaksinasi dalam rentang 3 minggu ini," kata Mulyadi, Selasa (4/1). 

Menurutnya, satuan pendidikan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) telah memenuhi persyaratan untuk melakukan PTM, karena vaksin telah dilakukan sejak tahun lalu termasuk dosis kedua telah selesai. 

"Untuk anak SD masih diberikan vaksin pertama, kelas 1, 2, dan 5 sudah mulai berjalan lagi karena sebelumnya belum dilakukan karena baru imunisasi rubella. Jadi Februari sudah lebih dari 80 persen," ujarnya. 

Diketahui, dalam SKB 4 menteri terbaru, PTM secara penuh dapat dilakukan saat capaian vaksinasi Covid-19 bagi guru dan tenaga kependidikan mencapai 80 persen, dan capaian vaksinasi lanjut usia mencapai 50 persen. 

Sebelumnya, Plt Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menyebutkan capaian vaksinasi bagi peserta didik telah mencapai 30 persen atau 34 ribu dari 111 ribu anak.