Disetujui Wali Kota, Enam Raperda Segera Dibahas Pansus

Wakil Ketua II Aep Saripudin menyampaikan tanggapan atas persetujuan wali kota/ Faiza Ukhti
Wakil Ketua II Aep Saripudin menyampaikan tanggapan atas persetujuan wali kota/ Faiza Ukhti

Enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usul inisiatif DPRD kota Bandarlampung sudah disetujui Wali Kota Eva Dwiana sehingga langsung dilanjutkan ke tahap berikutnya. 


Enam Raperda itu yakni, Penyelanggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pengelolaan Usaha Mikro, Pelayanan Informasi dan Dokumen Publik, Pembinaan Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, kemudian Penyelanggara Sistem Drainase, dan Raperda Ketahan Keluarga.

"Raperda ini akan dibahas bersama alat kelengkapan dewan, perangkat daerah terkait yang ditunjuk Walikota, serta dengan melibatkan stakeholder terkait lainnya," ujar Wakil Ketua II Aep Saripudin dalam sidang paripurna, Selasa (14/9). 

Ia mengatakan, dalam penyusunan Raperda ini sudah dikaji secara teoritis dan empiris dengan memperhatikan aspek sosiologis, filosofis dan yuridis. 

Pemimpin Sidang Paripurna, Wakil ketua I Adelry Imelia Sari mengatakan, enam raperda ini akan masuk pembahasan ke tingkat Panitia Khusus (Pansus). 

Di mana, pansus untuk Raperda Penyelanggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Raperda Pengelolaan Usaha Mikro di bahas oleh anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D).

Pansus Raperda Pelayanan Informasi dan Dokumen Publik dibahas Komisi I, dan pansus Raperda Pembinaan Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Moderen dibahas Komisi II. 

Kemudian pansus Penyelanggara Sistem Drainase Komisi III dan pansus Raperda Ketahan Keluarga dibahas Komisi IV.