Disiplin Kendor, Palembang Kembali Zona Merah Covid-19




Kota Palembang yang sempat turun jadi kategori zona orange kembali lagi menjadi zona merah pandemi Covid-19, Kamis (24/7).

"Jika kemarin kita sudah berada di zona orange, sekarang kita kembali ke zona merah," ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Jumat (24/7).

Artinya, virus ini datang dan pergi serta sulit diprediksi, ujarnya usai video conference bersama Panglima TNI di Rumah Dinas Wali Kota Palembang.

Melihat kondisi yang masih fluktuatif, belum stabil, politisi Partai Demokrat ini meminta masyarakat lebih mengedepankan protokol kesehatan.

“Mari kita lebih disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan. Jauhi tempat keramaian," imbuhnya.

Dari hasil vidcon, pemerintah pusat meminta pemerintah daerah terus mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ini, belum ditemukan obatnya, sehingga kesadaran kolektif yang menjadi poin penting agar penyebaran Covid-19 tidak meluas,” terangnya.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan masuknya kembali Palembang zona merah menunjukan bukti bahwa disiplin masyarakat mulai kendor.

“Terbukti, hari ini, kita kembali menjadi kawasan zona merah lagi yang artinya protokol kesehatan yang mulai diabaikan,” ujarnya

Pihaknya, sejauh ini belum mengambil keputusan apakah kembali menerapkan PSBB atau tidak.

Namun, terlepas dari kondisi zona merah ini Fitri mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Kamis, 23 Juli 2020, Kota Palembang kembali menerima tambahan 16 kasus baru 16 sehingga total kasus positif Covid 19 menjadi 2.136 orang.