Disnaker Bandar Lampung Ingatkan Perusahaan Bayar THR

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wan Abdurahman/ Tuti
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wan Abdurahman/ Tuti

Dinas Tenaga Kerja Kota Bandar Lampung mengimbau perusahaan untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) ke karyawannya. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi telah membaik. 


"Kita imbau perusahaan untuk mempersiapkan pencairan THR untuk karyawannya. Namun sejauh ini mereka pasti sudah paham," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wan Abdurahman, Selasa (5/4). 

Menurutnya, aturan pembayaran THR tak berbeda seperti tahun lalu. Dimana paling lama pembayaran THR yakni H-7 Lebaran Idul Fitri. 

"Nanti kita juga akan membuka posko pengaduan THR sekitar minggu ke 3 akan dibuka," ujarnya. 

Tahun lalu, kata Wan Abdurahman, ada kurang dari 10 pengaduan yang diterima dinas tenaga kerja. Semua pengaduan telah diteruskan ke pemerintah provinsi. 

"Provinsi kan sebagai pengawas, jadi mereka yang menindaklanjuti. Biasanya ada sanksi administrasi berupa teguran," jelasnya. 

Ia berharap tahun ini tidak ada lagi perusahaan yang tidak sanggup mencairkan THR, karena saat ini kondisi perekonomian telah beranjak baik. 

"Sebetulnya pembayaran THR itu bisa dimusyawarahkan saja antara perusahaan dengan serikat pekerjaannya. Yang tahu kondisi setempat kan karyawan dengan perusahaan," ujarnya.