Disnaker Klaim Pengangguran di Lampung Terendah Kedua Se-Sumatera

Kepala Disnaker Provinsi Lampung Agus Nompitu/ Vera Afrianti
Kepala Disnaker Provinsi Lampung Agus Nompitu/ Vera Afrianti

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung mengklaim bahwa angka pengangguran di Lampung terendah nomor dua di Sumatera.


"Tingkat pengganguran di Lampung tergolong terendah nomor dua di Sumatera," kata Kepala Disnaker Provinsi Lampung Agus Nompitu, Minggu (24/10).

Ia mengatakan posisi tersebut didapatkan berdasarkan data akurat Disnaker, yang dimana data tersebut bersifat reguler (teratur).

"Jadi data kita Disnaker reguler, data kita sampai dengan bulan Februari kemarin itu angka pengangguran ada 209.091 jiwa," kata dia.

Maka dari itu, untuk lebih baik lagi pihaknya akan mengefektifkan seluruh Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di Lampung secara maksimal guna menekan angka pengangguran.

"Salah satunya dengan mengefektifkan BLK- BLK yang ada di Provinsi Lampung baik itu melalui pelatihan-pelatihan serta bekerja sama dengan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) di Lampung,"ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong dan mempertemukan para pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja melalui aplikasi Sistem Informasi Pencarian Kerja atau disebut dengan SiGajah.

"Ya, Nanti kita harapkan dari angka pengangguran yang ada kita dorong ada dunia industri. Kedepannya akan kita minta juga partisipasi perusahaan agar mendukung melalui magang mandiri," harapnya.