Disparbud Resmikan Sanggar Seni Kencana Muda Cukuhbalak

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tanggamus meresmikan Sanggar Seni Kencana Muda, Pekon Putihdoh Kecamatan Cukuhbalak, Selasa (6/4).


Peresmian di Pantai Karmila pekon setempat, dengan tujuan untuk mempromosikan objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Sekretaris Disparbud, Wawan Harianto mengatakan, sanggar yang dibangun oleh masyarakat pada 22 Februari 2021 tersebut, sebagai sarana untuk melestarikan budaya dan adat pekon setempat. 

Sekaligus untuk memotivasi agar kaum muda milenial mengenal dan mencintai tradisi dan budaya yang ada.

Selain mengajarkan tarian dan musik Sangar Seni Kencana Muda, juga mengajarkan seni beladiri dan teater, dengan 160 angota yang sudah banyak menguasai tarian adat dan seni bela diri Lampung, diharapkan dapat meneruskan adat budaya lampung kepada generasi muda, sehinga adat budaya yang ada tetap lestari.

"Saya berharap kepada Ahmad Kholili sebagai ketua sanggar, yang juga sebagai tokoh adat setempat, tidak sekedar menjadikan anak-anak mampu menari, bela diri, teater dan bermain musik semata, tapi juga bisa mendidik anak agar memiliki karakter baik sesuai dengan makna seni yang diajarkan," jelas Wawan kepada Kantor Berita RMOLLampung

Acara tersebut dihadiri Toni Zakaria, Ketua Sanggar Keratuan Lampung, tokoh adat dan masyarakat setempat.