Dissos Bandar Lampung akan Minta ASN Kembalikan Bansos Tunai

Kantor Dissos Bandar Lampung/ Tuti
Kantor Dissos Bandar Lampung/ Tuti

Dinas Sosial (Dissos) Kota Bandar Lampung akan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memulangkan bantuan sosial tunai (BST) yang diterima. 


Kadissos Syahriwansah mengaku pihaknya masih menunggu data dari BPK terkait ASN yang tercantum sebagai penerima bansos. 

"Jika datanya sudah disampaikan kepada kita, maka kita akan menindaklanjuti apakah mereka memulangkan duit, atau apapun sanksinya akan kita terapkan," kata Syahriwansah, Rabu (24/11). 

Menurutnya, setelah menerima sanksi sesuai ketentuan, ASN tersebut akan dihapus dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).  

"Saya pastikan nanti setelah data itu kita terima, baru kita telusuri kenapa ini bisa masuk. Nanti saya konfirmasi kan setelah itu baru pasti, saya tidak mau berandai-andai," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dissos Santoso Adhy mengatakan ASN tidak boleh menerima bansos dalam bentuk apapun, sehingga masih akan ditunggu data dari BPK. 

"Kalau hasil pemeriksaan kemaren ada 25 ASN yang menerima cuma kabupaten mana saja kita belum tahu. Yang kita takutin dulu dia bukan ASN saat menerima bantuan dan sekarang dia menjadi ASN, itu bisa terjadi kan," jelasnya.