Ditlantas Polda Sasar Angkutan Umum Hingga Masker

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung akan melaksanakan operasi keselamatan lalu lintas, dengan sandi kunci Operasi Patuh Krakatau Tahun 2020. Operasi berlangsung 14 hari dimulai 23 Juli - 5 Agustus 2020.


Operasi kali ini, selain menyasar pengendara yang tidak tertib berlalu lintas, juga menyasar pengendara yang tidak mengenakan masker.

Dirlantas Polda Kombes Donny Sabardi Halomoan Damanik mengatakan, operasi patuh kali ini berbeda dengan operasi sebelumnya mengingat operasi dilaksanakan, masih dalam pandemi Virus Corona (Covid-19).

Sehingga diharapkan masyarakat ada kepatuhan, yang dibarengi dengan adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

"Karena ini kegiatan baru kami, maka dalam pelaksanaannya nanti akan mengedepankan preventif 40 persen, preventif 40 persen, dan represif 20 persen. Kami juga menyasar angkutan umum, apakah menerapkan jaga jarak dan memakai masker atau tidak," kata Dirlantas saat silaturahmi bersama insan pers Provinsi Lampung, Rabu (15/7/2020).

Pelanggaran yang ditindak juga nantinya bersifat tematik, dengan melihat evaluasi angka pelanggaran yang sering terjadi. Diharapkan dengan operasi ini, dapat disosialisasikan agar masyarakat bisa patuh dalam berlalu lintas. Kemudian angka kemacetan dan kecelakaan juga dapat diturunkan.

"Kami juga imbau pada masyarakat, yang akan memanfaatkan jalan untuk acara keramaian, untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan kepolisian. Sasaran lainnya, untuk kendaraan angkutan kota (angkot) yang berhenti dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya. Makanya ini harus ada sosialisasinya dari kepolisian," ujar Donny Sabardi.