DKPP RI Lantik 204 Tim Pemeriksa Daerah, Enam Orang Dari Lampung

Pelantikan TPD di DKPP Yogyakarta, Selasa (1/11)/dokm DKPP RI
Pelantikan TPD di DKPP Yogyakarta, Selasa (1/11)/dokm DKPP RI

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melantik 204 nama Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Periode 2022-2023 di Yogyakarta, Selasa (1/11). Enam di antaranya berasal dari Lampung.


Di antaranya, Antoniyus Cahyalana dan Titik Sutriningsih dari unsur KPU, Muhammad Teguh dan Suheri dari unsur Bawaslu serta Nanang Trenggono dan Topan Indra Karsa dari unsur masyarakat.

Antonius mengatakan mereka juga diberikan arahan terkait penegakan kode etik. Fokusnya lebih mengedepankan proses pencegahan dan edukasi terhadap pihak penyelenggara Pemilu di Lampung. 

"Ke depan ada juga aplikasi SIETIK. Masyarakat bisa membuat pengaduan ke DKPP secara online," ujarnya.

Pelantikan ini merupakan satu dari serangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Peningkatan Kapasitas TPD yang diadakan DKPP Yogyakarta.

Dalam pengukuhan ini, 204 TPD periode 2022-2023 mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Ketua DKPP Heddy Lugito. 

Seluruh nama tersebut dikukuhkan berdasar Surat Keputusan (SK) DKPP Nomor : 016/SK/K.DKPP/SET-03/X/2022 tentang Pengangkatan Keanggotaan TPD Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu Pada Setiap Provinsi di Indonesia Periode 2022-2023 tertanggal 28 Oktober 2022.

"Saya percaya bahwa saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab," kata Heddy Lugito.