Dosen Itera Kenalkan Media Pembelajaran Buku Pop-up Bahasa Lampung

Perkenalan media pembelajaran buku pop-up Bahasa Lampung/Ist
Perkenalan media pembelajaran buku pop-up Bahasa Lampung/Ist

Tim dosen Prodi Desain Komunikasi Visul (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengenalkan media pembelajaran Bahasa Lampung berupa buku tiga dimensi atau buku pop-up di MIT Muhammadiyah. Buku tersebut dinilai lebih menarik bagi siswa dalam belajar aksara.


Kegiatan yang menjadi bagian pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini diketuai oleh dosen Maria Veronika Br Halawa, anggota Sunarsih, Muhammad Hajid An Nur, Putri Kholida dan tujuh orang mahasiswa Prodi DKV Itera.

Menurutnya tujuan program PKM untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Lampung melalui buku pop-up. Hal tersebut lantara pembelajaran dengan buku pop-up lebih menyenangkan.

“Dengan buku ini siswa dapat mengeksplorasi fitur-fitur buku sambil menebak aksara Lampung atau menjodohkan kosa kata Bahasa Lampung dengan gambar hewan atau benda,” kata Maria Veronika, Rabu (16/11).

Menurutnya, PKM tersebut terselenggara atas pembiayaan dari dana hibah PKM yang disalurkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Itera.

“Kita kenalkan buku pop-up ini kepada siswa kelas 1A MIT Muhammadiyah, Sukarame, Kota Bandar Lampung," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kelas Dewi Resti Sari mengatakan terkesan dengan buku pop-up, menurutnya buku tersebut sangat termanfaat untuk variasi pembelajaran Bahasa Lampung agar siswa tidak bosan.

“Alhamdulilah siswa terlihat antusias saat menggunakan buku pop-pu Bahasa Lampung,” jelasnya.