Dosen Teknokrat Gelar Pelatihan Otomasi Perpustakaan di MA Ma’arif 1 Punggur

Foto Ist
Foto Ist

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknokrat Indonesia menggelar kegiatan pelatihan Otomasi perpustakaan bagi tenaga pendidik dan petugas perpustakaan di MA Ma’aruf 1 Punggur, Lampung Tengah.


Universitas Teknokrat Indonesia Sebagai PTS Terbaik ASEAN, Tim Pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknik dan  Ilmu Komputer (FTIK) Prodi Teknik Sipil melakukan pengenalan terkait penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan.

Kepala MA Ma’arif 1 Punggur Budi Raharjo, S.Si.” mendukung penuh kegiatan pelatihan ini. Budi menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat meningkatkan kinerja perpustakaan agar dapat melayani lebih banyak siswa.

Budi Raharjo juga mengucapkan terimakasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia karena telah membina sekolah dengan memberikan pemahaman terkait pemanfaatan teknologi informasi bagi tenaga pendidik dan petugas perpustakaan.

Tim PKM Kampus Hijau Sang Juara ini terdiri dari dosen dan mahasiswa. Tim PKM diketuai oleh Fera Lestari, S.T., M.T bersama dengan anggota lainnya Erliyan Redi Susanto, S.Kom., M.Kom, Dian Pratiwi, M. Eng. dan Asep Haikal Kurniawan, S.I.P, M.A. Dalam kegiatan ini para dosen didampingi oleh Dimas Wahyu Saputra mahasiswa teknik sipil.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini antara lain untuk memberikan wawasan serta pemahaman terhadap pentingnya teknologi informasi di era globalisasi terutama pada manajemen perpustakaan di sekolah.

Para tenaga pendidik dan petugas perpustakaan perlu mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan menganai pemanfaatan teknologi informasi yang dapat digunakan pada fasilitas sekolah sehingga dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan. Dengan kegiatan ini perpustakaan MA Ma’arif 1 Punggur dapat meningkatkan layanan perpustakaan dengan lebih baik dan dapat diakses di mana saja

Kegiatan dilakukan dalam beberapa sesi diantaranya adalah sesi pemaparan materi terkait dengan otomasi perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap penggunaan teknologi informasi pada perpustakaan. Selanjutnya dilakukan penginstallan perangkat lunak yang akan digunakan untuk otomasi perpustakaan.

Sesi selanjutnya adalah penjelasan fitur-fitur yang ada dalam perangkat lunak yang akan digunakan dalam otomasi perpustakaan, diantaranya bibliografi, keanggotaan, dan sirkulasi. Sesi selanjutnya dilakukan simulasi dan penjelasan tata cara dalam penggunaan perangkat lunak untuk otomasi perpustakaan.

Pemaparan materi dilakukan oleh Fera Lestari, M.T dan Dian Pratiwi, M,Eng. Penginstallan dan penjelasana fitur dilakukan oleh Erliyan Redi Susanto, S,Kom, M,Kom dan simulasi serta penjelasan tata cara penggunaan pernagkat lunak untuk otomasi perpustakaan disampaikan oleh Asep Haikal Kurniawan, S.I.P, M.A.  

Dalam kegiatan ini sekolah telah memiliki perpustakaan yang dapat diakses secara online. Kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik tentang fitur yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan kinerja perpustakaan.  

Dalam kerja sama antara Universitas Teknokrat Indonesia dengan MA Ma’arif 1 Punggur diharapkan dapat terjalin hubungan yang berkesinambungan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja perpustakaan agar lebih optimal. Harapannya perpustakaan di sekolah dapat lebih banyak melayani mahasiswa dan pelayanannya yang semakin baik karena pengelolaannya dilakukan oleh sistem manajemen perpustakaan yang telah dipilih.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. mengungkapkan bahwa Universitas Teknokrat Indonesia memberikan dukungan penuh setiap kegiatan pengembangan minat bakat siswa kegiatan ini dapat mendorong siswa agar lebih siap dalam melanjutkan ke Perguruan tinggi dan era global.