DPRD Bandar Lampung Dorong Penganggaran Perbaikan Truk Sampah Pada APBD 2023

Pengecekan kondisi truk pengangkut sampah/Tuti
Pengecekan kondisi truk pengangkut sampah/Tuti

Ketua Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung, Dedi Yuginta mengaku pihaknya telah mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan penganggaran perbaikan maupun pengadaan truk pengakuan sampah baru. 


Menurutnya, upaya mendorong alokasi anggaran perbaikan telah dilakukan sejak tahun lalu, namun direlokasi untuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Bandar Lampung. 

"Kita akan kembali mendorong penganggaran perbaikan dan pengadaan pada APBD tahun ini yang akan direalisasikan tahun depan," kata Dedi Yuginta, Kamis (28/7). 

Menurutnya, kondisi truk pengangkut sampah saat ini sangat tidak layak digunakan. Bahkan berisiko terhadap keselamatan pengemudi dan orang lainnya. 

"Kedepannya minimal diperbaikilah, jika tidak memungkinkan adanya penambahan baru. Kita juga berharap kelengkapan kebersihan seperti sapu juga dipenuhi," ujarnya. 

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung akan mendata truk pengangkut sampah yang tidak layak digunakan. Hal tersebut dilakukan agar proses pengangkatan sampah tidak berceceran terjatuh di jalanan. 

Kepala DLH Kota Bandar Lampung, Budiman P Mega mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan kembali truk sampah yang tidak layak. Jika masih bisa digunakan akan diperbaiki. 

"Dari data itu nanti akan terlihat berapa jumlah truk yang perlu diperbaiki, atau truk yang akan diganti," kata Budiman, Selasa (26/7). 

Begitu juga dengan servis mobil seperti penggantian ban dan pengecekan mesin. Budiman mengatakan, biasanya ada dianggaran untuk memperbaiki kendaraannya. 

"Kita lihat dulu anggarannya, jika masih ada kita gunakan. Namun jika kurang akan kita ajukan dianggaran tahun berikutnya," ujarnya.