DPRD Desak Usut Limbah Diduga Aspal yang Cemari Pesisir Kotaagung

Kurnain/Ist
Kurnain/Ist

Limbah diduga aspal yang dikeluhan masyarakat nelayan di sepanjang Pesisir Pantai Kotaagung, membuat Wakil Ketua DPRD Tanggamus Kurnain angkat bicara.


Kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kurnain mengatakan, limbah yang diduga aspal tersebut mencemari laut dan lingkungan serta sangat menggangu biota laut di dalamnya, efeknya merugikan para nelayan dan warga sekitar. 

Tumpahan limbah tersebut bisa dipastikan bukan ulah para nelayan setempat, karena limbah tersebut memiliki kuantitas yang banyak. Sehingga, muncul dugaan tumpahan limbah tersebut berasal dari perusahaan kapal besar. 

"Saya sangat mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Pemkab Tanggamus, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup juga aparat penegak hukum, yang sudah turun mencari informasi dan mengambil sampel limbah tersebut untuk dilakukan penelitian," jelasnya, Selasa (14/9). 

Menurut anggota DPRD asal Fraksi Nasdem itu, pihak terkait khususnya Aparat Penegak Hukum (APH) harus mengusut tuntas masalah tersebut, karena itu jelas merugikan masyarakat Tanggamus.

"Kita gak boleh lengah, tidak boleh ada pembiaran untuk persoalan ini. Segera bantu para warga khususnya nelayan yang dirugikan oleh limbah tersebut, tangkap segera pelaku yang melakukan pencemaran ini," tegas Kurnain.