DPRD Dorong Dissos Bantu Anak Yatim Terdampak Covid-19

Apriliati/ Vera
Apriliati/ Vera

DPRD Lampung mendorong Dinas Sosial (Dissos) atau dinas terkait membantu ratusan anak yang kehilangan orangtua (yatim piatu) akibat Covid-19.


"Pemprov Lampung melalui dinas sosial dan dinas terkait membuat program untuk membantu mereka," kata Anggota DPRD Lampung Apriliati, Selasa (14/9).

Misalnya, bantuan pendidikan dan kesehatan, sehingga negara ini benar-benar hadir menyikapi dan memberikan perhatian serta solusi Kepada anak yatim piatu tersebut.

"Tetapi kalau untuk pendidikan keagamaan bisa juga berkordinasi dengan pondok pesantren (bila pendidikan di bidang keagamaan)," katanya. 

"Ya beberapa waktu lalu tercatat 400 lebih anak yatim dan yatim piatu akibat pandemi. Harapan jumlah tersebut harus didukung data yang objektif," tambah Politisi PDIP ini. 

Sementara, Kadissos Aswarodi mengatakan, kementerian sosial telah memiliki program khusus yang akan diberikan untuk anak-anak yatim piatu tersebut.

"Ada program yang akan diberikan untuk anak-anak tinggal menunggu peluncuran. Dan data ini sekarang sedang dikumpulkan dan akan diverifikasi oleh kementerian sosial untuk jumlahnya, lalu di asestment, setelah itu baru program diluncurkan," tutup dia.