DPRD Lampung Minta Pemprov Maksimalkan Tekan Covid-19

Budhi Condrowati
Budhi Condrowati

Budhi Condrowati, anggota DPRD Provinsi Lampung meminta Pemprov Lampung memaksimalkan tes massal  dan penyelusuran Covid-19 untuk menekan peningkatan kasus Covid-19.


"Saat ini, ada beberapa daerah yang mengalami perubahan zona diantaranya Kota Bandarlampung yang kini telah menjadi  zona merah (risiko tinggi)," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (23/10).

Budhi Condrowati desak Pemprov Lampung, termasuk pemkab dan pemkot, memaksimalkan tes massal Covid-19 dan penelusuran kasus juga harus diperketat lagi.

Dia yakin dengan langkah tersebut semakin cepat dan tepat juga mengetahui penyebaran kasus ini.

"Iya, kedua hal ini harus dilakukan secara maksimal  agar kita dapat mengetahui siapa saja yang terjangkit Covid-19 sehingga penanganan kasus dapat dilakukan dengan baik.," kata Budhi Condrowati.

Dia juga mengingatkan masyarakat disiplin  untuk menerapkan protokol kesehatan guna membantu pemerintah dalam menangani kasus ini.

"Kita saat ini harus lebih berhati-hati sebab banyak daerah yang memiliki risiko penularannya tinggi , lalu saya mohon untuk masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Yang terpenting, jaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan selalu berkerjasama dengan Pemda dengan cara mematuhi 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer, katanya. 

Covid-19 Terus Naik

Mereka yang terkena infeksi Covid-19 terus bertambah di Lampung. Hingga Jumat (23/10), Kota Bandarlampung saja bertambah 62 orang positif Covid-19 sehingga total 1522 kasus baru.

"Ada penambahan kasus baru sejumlah 62 kasus yang  terdiri dari Kabupaten Lampung Tengah 3 orang,  Lampung Selatan 2 orang, Pringsewu 1 orang, kota Bandarlampung 50 orang, Tulang Bawang Barat 5 orang , Tanggamus 1 orang," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana.

Ia mengatakan dari 62 kasus ini yang merupakan kasus baru ada 23 orang dan 39 orang lainnya hasil tracing. Lalu,  17 orang yang sedang dirawat dan  45 orang lainnya isolasi mandiri.

" Iya selain ada penambahan pasien yang positif Covid-19. Ada juga penambahan selesai isolasi yaitu 2 orang. Satu orang dari kabupaten Lampung Tengah dan 1  orang dari Tulangbawang dengan total keseluruhan 1016 kasus," kata dia.

Selain itu, ada juga penambahan kasus konfirmasi kematian yakni 2 orang yang berasal dari Bandarlampung. Sehingga total keseluruhan ada 58 kasus.