Dua Dosen UIN Positif Corona, Rektor: Bukan Terpapar Dari Kampus

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh. Mukri/Ist
Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh. Mukri/Ist

Seorang dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, positif Covid-19. Dengan begitu, ada dua dosen di kampus ini yang terpapar virus corona.


"Orang terinfeksi Covid-19 hari ini bukan aib/cela, tapi musibah, cobaan yang bisa mengena siapa saja dan dimana saja. Jadi kita perlu empati dan simpati kepada mereka. Kita support dan doakan segera sembuh pulih sehat kembali. Dan masyarakat perlu diedukasi agar sadar dan patuh pada protokol kesehatan. Gitu Dinda," kata Rektor UIN Raden Intan, Moh. Mukri, Minggu (4/10).

Ia mengatakan berdasarkan hasil tes swab Sabtu (3/10), ada seorang dosen yang positif terkonfirmasi Covid-19 dan sudah diisolasi. Tetapi, tidak tahu sudah diisolasi di rumah sakit mana, terakhir pemeriksaan di RS Imanuel Bandarlampung.

"Kita belum tau pasti iya isolasi dimana. Tapi informasinya, awalnya beliau merasa sakit kemudian diperiksanya di RS Imanuel, lalu Sabtu tes swabnya keluar dan baru diketahui jika hasilnya positif," ucapnya.

Dijelaskan, dosen itu bukan pasien hasil tracing atau perjalanan luar daerah.

Sedangkan, untuk yang  kontak erat atau yang pernah bertemu dia sudah dilakukan tracing  oleh dinas kesehatan setempat.

"Iya kalau tracing sudah dilakukan oleh diskes, tinggal menunggu hasilnya. Tetapi perlu diingat beliau terpapar bukan dari kampus, karenakan posisi kampus  saat ini sedang libur, beliau juga sudah lama tidak ke kampus," tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Kabag Humas UIN Raden Intan Hayatul Islam menyampaikan ada seorang dosen yang positif corona.

Namun Hayatul mengatakan, belum mengetahui secara pasti di mana dosen tersebut terpapar. Saat ini, dosen tersebut menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM).

"Kurang lebih sudah menjalani isolasi selama 7 hari di RSUDAM," kata dia, Senin (14/9).

UIN Raden Intan membatasi akses masuk kampus. Kemudian, seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring termasuk Seminar proposal, bimbingan, serta munaqasah.