Dua Hari Dibuka, 40 Orang Daftar Calon Komisioner Bawaslu Lampung

Ilustrasi Rmol Network
Ilustrasi Rmol Network

Dua hari sejak dibuka oleh Tim Seleksi, sudah ada 40 orang yang mendaftar untuk menjadi komisioner Bawaslu Provinsi Lampung, Kamis (22/6).


Ketua Tim Seleksi Komisioner Bawaslu Lampung Tuntun Sinaga mengatakan, dari jumlah tersebut, 12 orang mendaftar langsung ke sekretaris timsel di Jalan Diponegoro Nomor 19B, RT 07/Lk II, Kelurahan Kupang Kota, Telukbetung Utara, Bandar Lampung. 

"Sudah 12 orang yang langsung mendaftar ke Sekretariat tim seleksi dan 28 mendaftar via email," ujarnya. 

Tuntun melanjutkan, pihaknya belum dapat membuka siapa saja yang telah mendaftar karena masih bersifat teknis. Timsel juga masih melakukan pemeriksaan kelengkapan persyaratan para pendaftar.

Beberapa persyaratannya di antaranya, warga Lampung yang berusia paling rendah 35 tahun, berpendidikan paling rendah S1, tidak dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu dan bukan bagian dari parpol atau telah mengundurkan diri minimal 5 tahun. 

Persyaratan lengkapnya dapat dilihat di website resmi Lampung.bawaslu.go.id

Nantinya, dokumen pendaftaran dapat dikirimkan  lewat pos kilat, email dan diantar langsung ke Sekretariat Tim Seleksi. 

Diketahui, ada tiga Komisioner Bawaslu Lampung yang habis masa jabatan pada september 2022. Mereka adalah Ketua Fatikhatul Khoiriyah, Iskardo P. Panggar, dan Ade Asya'ri.

Sementara, empat komisioner lainnya yakni Hermansyah, Muhammad Teguh, Tamri, dan Karno Ahmad Satarya akan habis masa jabatannya pada tahun 2023.