Dua Kali Letusan, Tinggi Kolom Abu Anak Krakatau Capai 1.500 M

Ist
Ist

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Anak Krakatau (GAK) mengalami dua kali erupsi atau letusan pada Sabtu (5/2) pagi.


Erupsi terjadi pada pukul 05.32 WIB dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak dan pada pukul 03.54 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Sabtu, 05 Februari 2022, pukul 05:32 WIB tinggi kolom abu teramati ± 1500 meter di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 58 mm dan durasi 282 detik," tulis akun twiter resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, @PVMBG_, Sabtu (5/4).

Berdasarkan informasi ada beberapa kawasan rawan bencana Erupsi Gunung Anak Krakatau diantaranya Kawasan Rawan Bencana III (Pada kawasan ini sering terlanda aliran lava dan kemungkinan awan panas).

Dengan radius 2 kilometer dan sering terlanda hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar)/bom vulkanik.

Kemudian, Kawasan Rawan Bencana II yang berpotensi terlanda aliran lava dan kemungkinan awan panas, radius 5 kilometer, berpotensi terlanda hujan abu lebat dan kemungkinan dapat terkena lontaran batu (pijar) ukuran kecil.

Lalu, di Kawasan Rawan Bencana l dengan radius 7 kilometer berpotensi terhadap hujan abu dan kemungkinan dapat terkena lontaran batu.