Dubes Arab Saudi Dinilai Dasco Berlebihan Tanggapi Pernyataannya

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco/RMOL
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco/RMOL

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco mengatakan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Ahmed Abid Al-Thaqafi berlebihan tanggapi komentarnya soal Indonesia tidak mendapatkan kuota haji tahun ini.


Dubes Essam mengklarifikasi berbagai pemberitaan yang mengutip pernyataan Dasco dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan lewat surat tertanggal 3 Juni 2021 yang dikirim ke Ketua DPR RI Puan Maharani.

Surat tanggapan tersebut berupa klarifikasi terkait Indonesia tidak memeroleh kuota haji untuk tahun ini dari Arab Saudi.

Merespons hal tersebut, Dasco lewat relis yang dikirim Ricky Tamba ke Kantor Berita RMOLLampung menyebutkan sikap Dubes Essam terlalu berlebihan.

"Jangan berekasi berlebihan Pak Dubes," kata Dasco di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/6).

Dijelaskan Dasco, pernyataan yang disampaikannya adalah jawaban dari pertanyaan wartawan soal ketidakpastian keberangkatan calon jemaah haji Indonesia yang saat itu dikabarkan terkendala izin vaksin.

"Saya jawab bahwa kita jangan dulu bicara masalah vaksinnya diterima atau tidak oleh pemerintah Arab Saudi, tapi pastikan dulu apakah kita mendapat kuota haji atau tidak. Karena saya dengar kita kemungkinan tidak dapat kuota haji, itu saja yang saya bilang kemarin," jelasnya.

Menurut Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini, sampai tanggal 28 Mei 2021 kemarin, pemerintah Arab Saudi belum memberikan kepastian terkait kuota haji bagi Indonesia.

Ketidakpastian itu tentu memberatkan bagi pemerintah Indonesia yang akan kesulitan dalam melakukan persiapan-persiapan pemberangkatan jemaah haji seandainya kemudian mendapat kuota.

"Karena tidak mungkin persiapan dari 28 Mei sampai kemudian lebaran haji tanggal 20 Juni, waktunya mepet kemudian itu diselenggarakan. Itu pemerintah sudah bagus bersikap," pungkasnya merujuk pada keputusan pemerintah Indonesia membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.