Dukung Pelestarian Budaya Melalui Gebyar Pesona Budaya Lampung Selatan Fest 2022

Gebyar Pesona Budaya Lampung Selatan Fest 2022/ Ist
Gebyar Pesona Budaya Lampung Selatan Fest 2022/ Ist

Sebagai upaya memelihara dan menjaga keberagaman nilai-nilai budaya kedaerahan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Kegiatan Gebyar Pesona Budaya Lampung Selatan Fest 2022.


Acara tersebut diadakan di GOR Way Handak Kalianda, Sabtu (19/11), masih termasuk rangkaian acara Lampung Selatan Fest 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Lampung Selatan.

Adapun kegiatan Gebyar Pesona Budaya yang akan ditampilkan, yaitu Fashion Show Pengantin Nusantara, Fashion Show jajaran Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah beserta istri, Penampilan Tari Lapah, Penampilan Kolaborasi seni musik Lampung, Penampilan Tari Jejeran Gawoh, Penampilan Tari Muli Kipas dan Penampilan Tari Bedana Udiya.

Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto melaporkan, acara ini menjadi bentuk kolaborasi dan sinergi dari Pemerintah Daerah Lampung Selatan dengan DKLS dan P2WLS untuk mempromosikan event kebudayaan kepada masyarakat luas.

Selain itu, event yang melibatkan banyak unsur penggiat Seni Budaya ini juga diselenggarakan guna menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat, melalui sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

“Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan masyarakat Lampung Selatan dapat mengetahui kesenian dan budaya yang ada di daerahnya, sekaligus sebagai momentum bagi semua pihak dalam melestarikan seni budaya agar tetap terjaga, eksis dan tidak tergerus oleh budaya-budaya asing,” jelas Winarni.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, acara Gebyar Pesona Budaya ini merupakan salah satu sarana untuk memberi kesempatan para budayawan dan seniman tari serta Perancang Busana yang ada di Lampung Selatan untuk menunjukkan kreativitasnya.

“Dengan memberikan ruang publik, saya berharap, momentum ini dapat menjadi ajang mode busana daerah yang mampu menarik animo atau minat masyarakat untuk membeli produk hasil rancangannya,” ungkap Nanang.

Dirinya mengajak kepada para penggiat seni dan para perancang busana yang ada di Lampung Selatan untuk bersama-sama mengembangkan seni budaya daerah dan meningkatkan kemampuan, kreatifitas serta kualitas dalam merancang mode, agar hasil karya dapat menghibur dan menarik minat masyarakat luas.

“Apa yang menjadi hasil karya tersebut akan menghasilkan nilai tambah yang akan mengangkat perekonomian saudara semua. Kegiatan gebyar pesona budaya ini untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan kebolehan di bidang seni tari dan fashion show,” pesannya.