Empat Kampung di Tulang Bawang Diterjang Puting Beliung

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Sebanyak empat kampung di Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang diterjang puting beliung.


Empat kampung tersebut yakni Dutayoso Mulyo, Andalascermin, Gedung Jaya,dan Bumisari.

"Setidaknya terdapat empat kampung yang terdampak angin puting beliung pada Jumat (24/12) malam," kata Camat Rawa Pitu Antoni, Sabtu (25/12).

Ia mengatakan dari ke empat kampung tersebut yang paling banyak mengalami kerusakan yakni di Kampung Dutayoso Mulyo ada 14 rumah rusak berat, 9 rumah rusak sedang dan 13 rumah lainnya rusak ringan.

Sedangkan untuk di Kampung Andalascermin yang mengalami rusak ringan akibat angin puting beliung Jumat lalu ada sekitar 11 rumah.

"Lalu di Kampung Gedung Jaya ada 2 rumah rusak berat dan 2 rusak sedang, kemudian 1 rumah lagi rusak ringan. Sementara untuk di Kampung Bumisari ada 4 rumah rusak berat dan 5 rusak ringan," jelasnya.

Lanjutnya, dampak dari bencana angin puting beliung tersebut ada sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan yakni Gedung PAUD, Laboratorium Komputer PKBM Rawa Indah, sekolah TPA .

"Bukan hanya itu, Gedung SMP Rawa Pitu, Gedung Jaya pun rusak berat termasuk Gudang Penggilingan Padi dan untuk korban luka ada 1 orang akibat tertimpa material bangunan dan sudah ditangani oleh pihak kesehatan setempat,” kata dia.

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang Kennedy membenarkan bahwasanya Tulangbawang tertimpa musibah angin puting beliung.

"Iya betul (puting beliung) dan sekarang tim sedang turun (ke lokasi) lalu kita investigasi dulu dampak kerusakannya apa-apa saja," tutupnya.