Enam Tiyuh di Tubaba Terima Kode Desa dari Kemendagri

Penyerahan kode desa/ Febri Handoko
Penyerahan kode desa/ Febri Handoko

Enam Tiyuh/Desa di Tulang Bawang Barat (Tubaba) telah mendapatkan kode desa dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri.


Penyerahan kode desa tersebut diterima langsung Pj. Bupati Tubaba, Zaidirina yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan yang didampingi Kepala Dinas PMDT, Sofiyan Nur dan beberapa Camat di kantor Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Kamis (11/8).

Sofiyan, Kadis DPMT menjelaskan, setelah menerima kode desa ini pihak Pemkab Tubaba akan mengundangkan dalam peraturan daerah (Perda).

"Akan kita lakukan peresmian enam Tiyuh yang menerima kode desa tersebut sebagai tiyuh definitif. Sekaligus pelantikan penjabat (Pj) tiyuh definitif," katanya.

Setelah peresmian, sambung Sofiyan, kita akan melakukan penataan kelembagaan Tiyuh. Seperti pembentukan Badan Perwakilan Tiyuh (BPT). Dan perencanaan penganggaran Tiyuh 2023 mendatang.

"Insyaallah tahun depan sudah ada dana desa dimasing-masing Tiyuh tersebut," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, terdapat tujuh Tiyuh namun ada dua Tiyuh dalam satu kelurahan yaitu Tiyuh Marga Asri dan Mekar Asri, sehingga salah satu Tiyuh yang didahulukan.

Yaitu, enam tiyuh yang menerima kode desa pada hari ini yakni, Tiyuh Marga Asri, Kecamatan TBT. Tiyuh Karta Raya, pemekaran dari Tiyuh Karta Raharja, Karta Tanjung Selamat, pemekaran dari Tiyuh Karta dan Tiyuh Kagungan Ratu Agung, pemekaran Tiyuh Kagungan Ratu, Tiyuh Gading Kencana, pemekaran dari Tiyuh Marga Kencana dan Tiyuh Karta Sari.

Keempat tiyuh tersebut berasal dari Kecamatan Tulangbawang Udik. Kemudian, Tiyuh Sido Agung, pemekaran dari Tiyuh Agung Jaya dan Kecamatan Way Kenanga.