Enggal Jadi "Kampung Tertib Lalu Lintas"




Polresta Bandarlampung memilih Kelurahan Enggal sebagai kawasan untuk "Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas" tingkat nasional.

Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung melihat kesiapan wilayah tersebut ikut lomba sekaligus pelopor tertib lalu lintas, Rabu (11/3).

[caption id="attachment_35199" align="alignnone" width="800"] Kepolisian dan masyarakat Enggal menyatu ciptakan kawasan tertib lalu lintas/Foto Agus[/caption]

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Lampung AKBP Junaedi yang juga sebagai tim penilai lomba menjelaskan tujuan dibentuknya "Kampung Tertib Lalu Lintas".

Menurut dia, "Kampung Tertib Lalu Lintas" tak hanya soal rambu-rambu lalu lintas tapi juga kesadaran masyarakatnya untuk tertib lalu lintas.

Karena, kata AKBP Junaedi, dengan tertib lalu lintas, masyarakat itu sendiri bisa ikut mengurangi pelanggaran dan terjadinya kecelakaan lalu lintas.



Dia mencontohkan seorang ibu rumah tangga dapat mengingatkan anaknya untuk selalu menggunakan helm dan membawa surat kendaraan.

Camat Enggal Samsul Rizal dan warganya menyatakan siap mendukung program "Kampung Tertib Lau Lintas".

[caption id="attachment_35202" align="alignnone" width="600"] Mural untuk edukasi kawasan tertib lalu lintas/Foto Agus[/caption]

Untuk mendukungnya, pihak kepolisian memasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas, sejumlah banner, hingga CCTV yang bisa memantau kondisi jalan protokol.

Sebagai pelopor, Kelurahan Enggal akan menjadi kawasan wisata dan edukasi dan tertib lalu lintas lewat perpustakaan serta gambar atau mural di tembok tepi jalan.