Fraksi Gerindra: UMKM Ditingkatkan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi 

Perwakilan Fraksi Gerindra, Rizaldi Adrian/ Faiza Ukhti
Perwakilan Fraksi Gerindra, Rizaldi Adrian/ Faiza Ukhti

Fraksi Gerindra DPRD Bandarlampung memberikan tiga catatan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) dalam rapat paripurna dalam agenda pemandangan fraksi-fraksi di ruang sidang DPRD setempat, Jumat (2/7).


Perwakilan Fraksi Gerindra, Rizaldi Adrian mengatakan, program bantuan UMKM harus ditingkatkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masyarakat. 

"Saat ini kan sektor ekonomi ditopang oleh UMKM, apalagi di kota bandarlampung yang PADnya berada dalam kisaran perputaran orang, sehingga kita butuh sekali bahwa perekonomian disektor UMKM itu pulih," katanya. 

Salah satu yang bisa membantu, lanjutnya, adalah pemerintah dengan cara memfokuskan APBD ke sektor ini. Hal ini sudah dilakukan dalam kepemimpinan Walikota Eva Dwinaa, namun perlu dilanjutkan. 

"Dia sudah menghadirkan sekolah UMKM, yang terbaru program kredit UMKM yang nol persen. Tapi program ini perlu disambut kemudian juga harus ada pembinaan, promosi barang dan lainnya," kata dia. 

Kemudian, Fraksi Gerindra berharap optimalisasi belanja untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat harus menjadi prioritas dibandingkan belanja untuk birokrasi. 

Terkahir, mendukung program pemerintah kota meningkatkan pengawasan terhadap pelanggar protokol kesehatan dan meningkatkan upaya untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 untuk mempercepat Bandarlampung kembali ke zona hijau.