Fraksi PAN Minta KUA PPAS 2022 Prioritaskan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Jurubicara Fraksi PAN DPRD Lampung, Joko Santoso/Ist
Jurubicara Fraksi PAN DPRD Lampung, Joko Santoso/Ist

Fraksi PAN DPRD Lampung memberikan pandangan umum untuk memprioritaskan program pendukung pengembangan ekonomi masyarakat pada Kebijakan Umum APBD (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2022. 


Jurubicara Fraksi PAN DPRD Lampung, Joko Santoso mengatakan kegiatan seperti pelatihan keterampilan ekonomi dan pengembangan produk lokal berbasis kerakyatan harus lebih ditingkatkan. Sehingga diharapkan akan muncul produk unggulan di pasar luar Provinsi Lampung atau bahkan bisa ke pasar luar negeri. 

"Perlu dibuat kebijakan yang dapat merangsang investasi dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung, salah satu sektor yang bisa diandalkan adalah sektor pariwisata," kata Joko Santoso, Selasa (16/11).

Sementara dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM), Joko Santoso mengatakan setidaknya ada empat kebijakan pokok harus dikedepankan oleh Pemprov Lampung. 

"Meningkatkan kualitas hidup baik jasmani dan rohani, juga kualitas hidup perumahan dan pemukiman yang sehat," ujarnya. 

Perlu ditingkatkan juga kualitas SDM yang produktif dan peningkatan SDM yang berkemampuan dalam pemanfaatan pengembangan sainstek yang berwawasan lingkungan. 

"Serta mengembangkan pranata yang bentuk kelembagaan dan peran hukum yang mendukung upaya peningkatan kualitas SDM. Untuk itu sudah seharusnya dalam rencana APBD 2022 harus memuat kebijakan yang mendukung program tersebut," jelasnya.