GAK Berstatus Siaga, Basarnas Lampung Siapkan Kapal Negara SAR 224 Basudewa

Personel Basarnas Lampung/ Ist
Personel Basarnas Lampung/ Ist

Gunung Anak Krakatau (GAK) naik status jadi Level III atau siaga dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter di atas puncak kawah. Hingga kini GAK masih terus erupsi.


Kepala Basarnas Lampung Jumaril mengatakan, usai status GAK naik jadi siaga, pihaknya langsung menyiapkan personel dan peralatan. Salah satunya menyiagakan Kapal Negara SAR 224 Basudewa untuk kebutuhan evakuasi. 

"Basudewa akan standby di Bakauheni karena adanya peningkatan status GAK, kita juga buat modifikasi alternatif tempat standby selain di Bakauheni yakni di Pulau Sebesi sambil memantau perkembangan GAK," ujarnya, Senin (25/4).

Ia melanjutkan, sampai saat ini kondisi di Pulau Sebesi masih relatif aman jika dibandingkan peringatan yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang meminta tidak mendekati radius 5 km dari GAK. 

"Insyaallah Pulau Sebesi masih cukup aman. di tempat wisata seperti di Ketapang dan sekitarnya akan disiagakan amphibious dan beberapa unit perahu karet lengkap dengan motor tempel," jelasnya. 

Selain itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk mematuhi peringatan PVMBG untuk tidak mendekati GAK dari radius 5 km dan tetap waspada.