Gapoktan Jaya Lestari Dirikan Taman Edukasi Wisata Lebah Madu Trigona

Taman Edukasi Wisata Lebah Madu Trigona di Pekon Datar Labuay Kecamatan Air Naningan/ Zairi
Taman Edukasi Wisata Lebah Madu Trigona di Pekon Datar Labuay Kecamatan Air Naningan/ Zairi

Berbekal ilmu pengetahuan yang diajarkan pendamping, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jaya Lestari Pekon Datar Labuay Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus mendirikan Taman Edukasi Wisata Lebah Madu Trigona.


Gapoktan dari Register 39 tersebut di bawah naungan KPH Bendungan Batutegi, dalam mengembangkan budidaya madu lebah trigona tersebut untuk turut membantu pembangunan infrastruktur jalan pekon mereka.

Ketua Gapoktan, Abdul Qodir mengatakan, ide mendirikan taman edukasi berawal dari gagasan anggota saat rapat serta arahan pendamping. Lalu, secara aklamasi disepakati bersama.

Menurut dia, saat ini sudah ada 150 setup koloni madu kelenceng trigona yang dikelola gapoktan, dari setup atau sarang bisa menghasilkan 250 mililiter (ml) madu, dengan harga jual Rp150 ribu per 250 Ml atau sama dengan satu botol.

"Prospeknya berternak lebah madu trigona tersebut cukup baik, terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini yang sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, karenanya budidaya tersebut bisa menambah penghasilan bagi anggota Gapoktan Jaya Lestari, serta dapat berperan membantu pembangunan infrastruktur jalan pekon," jelasnya, Minggu (29/8).

Dirinya berharap ke depannya dapat mendirikan kampung lebah madu trigona, dimana setiap warga bisa memiliki minimal satu stup ratu lebah. Tujuannya, meningkatkan perekonomian warga Pekon Datar Labuay khususnya. 

"Kami berharap support dari pihak terkait untuk memajukan taman wisata edukasi ini," demikian Abdul Qodir.