Gas Bareng Hanter Tidak Kantongi Izin Camat, Tidak Libatkan IMI Pesawaran

Perhelatan gas bareng yang diinisiasi Hanura Trail Adventure (Hanter) bersama pecinta motor cross pada Sabtu (4/9)/Ist
Perhelatan gas bareng yang diinisiasi Hanura Trail Adventure (Hanter) bersama pecinta motor cross pada Sabtu (4/9)/Ist

Perhelatan gas bareng yang diinisiasi Hanura Trail Adventure (Hanter) bersama pecinta motor cross pada Sabtu (4/9) lalu diduga mengabaikan potokol kesehatan (prokes) di masa PPKM.


Hal tersebut dikuatkan pada fakta bahwa kegiatan tersebut tidak memiliki izin dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Teluk Pandan.

"Kami tidak memberikan izin dalam kegiatan itu, tapi dalam kegiatannya mematuhi prokes," ujar Camat Teluk Pandan, Zulkifli Nuh, Senin (6/9) melalui sambungan telepon.

Ia mengatakan, pihaknya tidak datang ke tempat acara karena menurutnya tidak ada pemberitahuan maupun surat yang masuk.

"Peserta dari mereka tidak melakukan kegiatan ditempat tersebut, hanya start saja," kata dia.

Sementara, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Pesawaran, Sonny Zainhard Utama mengatakan kegiatan yang digelar tidak melibatkan IMI. 

Karena kata dia, di masa pandemi memang ada aturan dari Pengurus Pusat IMI yang melarang adanya kegiatan terutama di daerah yang masih rawan penyebaran Covid-19.

"IMI tidak pernah memberikan izin, karena kita semua tau Kabupaten Pesawaran masih zona oranye," ujar Sonny melalui sambungan telepon.

Ia juga menghimbau agar pelaku otomotif baik penghobi, pembalap, maupun event organizer (EO) dapat menahan diri sampai Covid-19 benar-benar melandai.

"Jangan dululah ada even, kalau sekedar latihan ya tidak masalah, namun kalau even peserta dari bermacam daerah akan riskan dimasa PPKM," imbaunya.

Diketahui kegiatan tersebut diduga tidak mengindahkan Instruksi Bupati Pesawaran No. 7 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan Level 3 serta Pengoptimalan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 tingkat desa untuk pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di wilayah Kabupaten Pesawaran.

Dasar, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1

Serta Menggoptimalkan Posko Penanganan Corana Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Dan, Instruksi Gubernur Lampung Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Kriteria Level 3, Serta Mengoptimallkan Posko Penanganan Corona Vinus Disecse 2019 Di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease2019 Di Provinsi Lampung.

Berkenaan dengan dasar tersebut diatas, pada point F menyebutkan kegiatan olahraga/pertandingan olahraga dapat dilaksanakan sepanjang tidak melibatkan penonton atau supporter dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.