Gedung Pelayanan Satu Atap Bandarlampung Nyaris Terbakar Akibat Puntung Rokok

Petugas BPBD memeriksa puntung rokok di Gedung Satu Atap/ Tuti
Petugas BPBD memeriksa puntung rokok di Gedung Satu Atap/ Tuti

Akibat membuang puntung rokok sembarangan, terjadi percikan api di lantai dua yang nyaris membakar Gedung Pelayanan Satu Atap. Hal ini membuat sejumlah masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan panik.


Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLLampung, dua mobil pemadam kebakaran dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung turun ke lokasi. Beberapa anggota BPBD mengecek kabel disekitar lokasi. 

"Ada orang membuang putusan rokok di atas benda yang mudah kebakaran. Nah apinya hidup, sudah disiram air dan mati. Tapi malah disemprot dengan tabung apar, sehingga debunya kemana-mana seperti asap," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Sutarno, Jumat (11/6). 

Lanjutnya, karena keluar asep ini ada yang melaporkan jika terjadi kebakaran di Gedung Pelayanan Satu Atap, sehingga diturunkan dua mobil damkar. Sebelumnya tidak terjadi kebakaran. 

"Jadi intinya itu mungkin kelalaian orang aja yang membuat putung rokok dan apinya hidup. Sudah ada upaya disiram dan telah mati apinya," ujarnya. 

Sutarno memastikan jika percikan api tersebut bukan dari korsleting listrik, hanya oknum membuang putusan rokok sembarangan. 

"Hangus itu karena benda tadi yang terbakar dan tidak ada korsleting listrik, hanya buang puntung rokok," tegasnya.