Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Tanggamus, Terasa Hingga Lampung Barat

Foto BMKG
Foto BMKG

Gempa bumi dengan kekuatan 5,1 magnitudo menguncang Kabupaten Tanggamus dan terasa hingga Kabupaten Lampung Barat, Selasa (12/7) sekitar pukul 09.52 WIB.


Gempa ini memiliki episenter terletak pada koordinat 6,04° LS ; 104,27° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 Km arah Barat Daya Tanggamus, Lampung pada kedalaman 46 kilometer (km).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno.

"Gempa dirasakan di daerah Tanggamus, Limau, Piabung, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Liwa (Lampung Barat), Kecamatan Ngaras, Kecamatan Semaka, Kecamatan Wonosobo," tambahnya.

Selain itu, terjadi pula getaran pada benda-benda ringan yang digantung (Bergoyang ), namun berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 10.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Bagi masyarakat segera periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbau dia.