Gempa Kuat M 7.0 Di Laut Filipina Dekat Sulut

Posisis gempa/BMKG
Posisis gempa/BMKG

Gempa bumi sangat kuat, magnitudo 7.0 menguncang Laut Filipina, terasa di beberapa wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (21/1), pukul 21.21 WITA.


Gempa bumi sangat kuat, magnitudo 7.0 menguncang Laut Filipina, terasa di beberapa wilayah Sulut, Kamis (21/1), pukul 21.21 WITA.

BMKG menganalisa episenter gempa koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT atau berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, kedalaman 119 km.

“Gempa ini merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina.nisme pergerakan naik ( Thrust Fault ),” ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate Andri Wijaya Bidang di Ternate.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault ),” katanya.

Daerah-daerah yang ikut bergetar Melonguane, Tahuna, Ondong , Manado, Bitung , Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera ,Ternate, Sofifi dan Halmahera Tengah.

“Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Dan Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami,” katanya.

Andri menghimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa tersebut.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tandasnya.