Gubernur Izinkan 6 Daerah PPKM Level 2 Mulai PTM Terbatas

Illustrasi/RMOLNetwork
Illustrasi/RMOLNetwork

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kembali mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal ini berlaku di daerah yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. 


Enam daerah yang melaksanakan PPKM Level 2 di Lampung adalah Kabupaten Lampung Selatan, Tulang Bawang, Tanggamus,  Mesuji, Pesisir Barat, dan Kota Metro. 

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Lampung Nomor: 045.2/0702/V.01/2022 tertanggal 22 Februari 2022.

Ada lima poin yang dimuat dalam Surat Edaran tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di masa pandemi Covid-19 Pada Satuan Pendidikan di Provinsi Lampung ini. 

Pertama, PTM Terbatas dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas pada satuan pendidikan di daerah PPKM Level 2.

Kedua, pelaksanaan PTM terbatas pada satuan pendidikan di daerah PPKM Level 1, 3 dan 4 tetap mengikuti ketentuan di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Ketiga, orang tua/wali diberikan pilihan untuk mengizinkan anaknya mengikuti PTM terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Keempat, pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi dan kabupaten/kota untuk mendorong percepatan vaksinasi covid-19 bagi pendidik, tenaga kependidikan dan siswa didik.

Kelima, dengan berlakunya SE ini, maka SE Gubernur Lampung Nomor: 045.2/0512/DP.01/2022 Tertanggal 7 Februari 2022 tentang Penghentian Sementara PTM Terbatas dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Diketahui, ada lima daerah di Lampung yang melaksanakan PPKM Level 1 yakni Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat, Pringsewu, dan Tulang Bawang Barat.

Sisanya, seperti Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Utara, Lampung Timur, Waykanan dan Pesawaran melaksanakan PPKM Level 3.